t h i s i s c a l l e d m i n e

it's Sharing : adik-adik :))

"mau kemana neng pagi-pagi minggu udah rapi aja?"
yeay, sepeti itulah dulu  pertanyaan teman-teman kos saya. tiap hari Minggu, pkl. 09.00 saya pasti sudah ga bisa ditemukan di kos lagi. awal mulanya rutinitas ini saya lupa kapan tepatnya. tapi terkadang saya merasa males juga, duh, minggu mesti bangun pagi-pagi, mandi. huh. tapi ketika saya mengingat sesuatu, betapa bersyukurnya saya bisa hidup dengan cukup nyaman di dunia ini, walaupun definisi nyaman sendiri tentu berbeda pada setiap kepala.
seperti yang saya katakan saya lupa tepatnya kapan memulai ini. tapi yang saya ingat saya selalu berhasil membuat hati saya merasa lebih nyaman setiap selesai melakukan rutinitas ini. ah, tapi tidak pantas rasanya saya sebut ini sebagai rutinitas, terdengar seperti membosankan. sebut saja ini teman yang menyenangkan. yeah.

setelah semalaman Jogja diguyur hujan yang tak henti-hentinya, hingga malam featuring with hujan present proudly suasana yang seuperduper nyaman buat tidur. Pagi pun datang,  Alhamdulillah langit sudah agak cerah menunjukkan kebiruannya dengan sedikit ditemani awan, dan tentu saja matahari ga mau ketinggalan membagikan kehangatannya.  Tampak beberapa orang di salah satu parkiran RS.Sardjito, yah mereka dulunya teman baru saya, hm.. tapi sekarang sudah bisa dianggap jadi teman lama, haha.  terkadang teman saya yang datang sedikit, terkadang ramai, yah tiap orang tentu punya suatu kegiatan yang super penting hingga ga bisa untuk datang ke RS.Sardjito, sayapun terkadang suka bolos datangke Sardjito karena satu dan lain hal, hehe.
pkl. 09.00 semua melangkah ke salah satu ruangan anak di Sardjito, sebut saja ruang Nuri. tempat yang menjadi saksi segalanya, yah.. yah.. ketika itu isi hati dan kepala teman-teman saya itu mungkin berbeda-beda...
aksi minggu  8 mei adalah bikin kupu-kupu, Butterfly's day :D
it's such as wonderful things ..
aksi?
hm.. iya jadi teman-teman yang saya ceritakan tadi adalah teman-teman yang tergabung dalam Family Supporting Group (FSG) Tunas Bangsa Jogja.. dan mereka bisa disebut relawan :))
kita kerjaannya ngapain ya?
yah aksi itu,. setiap hari minggu kita melakukan aksi di ruang Nuri. setiap Minggu itu aksi yang kita lakukan berbeda-beda, misalkan bikin kupu-kupu dari kertas, bikin lampion, mewarnai, menyanyi, mendongeng, dan banyak lainnya bersama anak-anak yang menderita mengalami kanker darah, dan penyakit darah lainnya... 
FSG sendiri tidak menyentuh bidang medis, namun sebagai relawan mestinya kita tahu dulu bagaimana sih "penyakit yang mereka derita" jadi, sebagai relawan kita tahu sebenarnya apa yang mereka rasakan, walaupun sebenarnya, hanya anak-anak itu yang tahu persis apa yang  mereka rasa. kita, relawan dan para orang tua anak-anak tsb secara berkala diberikan pengetahuan tentang apa itu hemato-oncology. 
tentu pengetahuan yang diberikan adalah hal yang umum, dan superfisial jika dibandingkan pelajaran yang saya dapat di kuliah. tapi seenggaknya teman-teman yang tidak belajar medis jadi tahu apa itu kanker darah, apa itu thallasemia, bagaimana cara mencegah, dan sebagainya...

yah itu lah sekilas tentang FSG, kedengarannya sederhana.. tapi kesederhanaan itulah yang menimbulkan rasa berbeda di hati saya.. ntah karena dunia sudah mulai berubah menjadi serba berlebihan.. atau apapun.

Tujuan kita bersama seenggaknya bisa diringkas adalah, mari kita saling berbagi, mari kita saling menguatkan. that's all i think.

setiap minggunya anak yang mengikuti aksi tidak selalu banyak, syukur Alhamdulillah jika mereka telah tidak di RS, dan diperbolehkan pulang.. tapi terkadang mereka ada yang sedang menjalani proses memasukkan obat, ada yang sedang tidur.. jadi terkadang tidak banyak anak yang mengikuti aksi.
dan sekarang miris, di ruangan mereka sudah ada televisi, beberapa anak menolak untuk bermain dengan alasan sedang menonton film yang bagus.. yah apa boleh buat.. 

tapi kita tetap harus senang, kenapa tidak? satu hal yang saya pelajari, anak-anak itu mungkin awalnya merasa tidak nyaman dengan kondisi mereka yang seperti itu, tapi lama kelamaan mereka akhirnya berdamai  dengan keadaan dengan kondisinya. setiap aksi, anak-anak selalu semangat, selalu antusias mengikuti aksi *yah tapi terkadang ada beberapa yang kurang semangat, mungkin belum bisa beradaptasi :)*. seperti aksi * mei Butterfly's day, kita membuat kupu-kupu, lalu di tempel di benang, lalu digantungkan di sumpit, wah.. indahnya kupu-kupu yang berwarna-warni itu... *saya aja semangat, masa' anak-anak ga sih??* :DD

sejauh ini mengikuti kegiatan ini, tidak pernah sekalipun saya merasa gundah gulana sehabis mengikuti kegiatan ini. Tahu kenapa, that's Sharing.
walaupun saya adalah bukan orang yang dapat dengan mudah membuat orang lain tertawa, minimal, could you give an smile? and then much of smiles?? it's enough.

*semoga lekas sehat kembali adik-adikku, bahkan penyakit ataupun keganasan jangan bairkan mengambil senyummu ;)*


Salam hangat :D,

0 comments:

Post a Comment

Image Hosted by ImageShack.us