t h i s i s c a l l e d m i n e

LO ku~ CONCEPTION

tulisan ini terinspirasi gara2 LO tutorial, hahaha.
salah satunya adalah... bagaimana proses konsepsi dan implantasi (conception and implantation)
*pada manusia

okey, jadi sebelum sy menjelaskan prosesnya, kita harus tau dulu apa sih definisi konsepsi dan implantation itu apa.
Konsepsi (conception) bahasa lainnya adalah fertilisasi, pengertiannya adalah penetrasi sebuah spermatozoon (sel sperma) ke dalam oosit sekunder, dan akan terjadi pembelahan meiosis oosit sekunder tsb membentuk ovum, dan terjadi difusi antara pronukleus spermatozoon dgn pronukleus ovum yang masing haploid membentuk zygot yang diploid.

nah, ketika sepasang suami istri (*pasangan yg sah lhoo,, yg blum sah jgn berani2,,. hehehehe) melakukan hubungan seksual, maka dari miliaran sel sperma yang dihasilkan oleh tubulus seminiferus testisnya itu hanya akan ada 200 juta sel sperma yang sampai pada vagina wanita
(fornix vagina), kemudian dari 200 juta, yang sampai di serviks uteri hanya 2 juta sel sperma, nah kemudian perjalanan sperma akan berlanjut ke daerah oosit sekunder yaitu di sekitar ampulla tuba uterine, hanya akan ada 200 sel sperma yang sampai pada daerah tsb.
nah, sebaiknya ketika melakukan hubungan seksual agar cepat membuahkan hasil *ceileh,, ketika 2 hari setelah ovulasi (atau 2 hari sebelum ovulasi dan satu hari setelah ovulasi).
konsepsi biasanya terjadi 12-24 jam setelah ovulasi. pergerakan sperma dalam proses ini dibantu oleh beberapa hal, salah satunya Prostaglandin dalam semen diberi kepercayaan untuk merangsang motilitas sel sperma saat melakukan intercourse (hubungan seksual) dengan tujuan supaya sperma dapat gergerak menuju uterus dan diteruskan ke tuba uterine, seperti yg udah dijelasin sebelumnya.
nah, jika sel2 sperma udah sampai di daerah oosit sekunder (oosit yang telah dikeluarkan dari folikel de graaf yg matang) sel2 sperma tersebut belum bisa langsung membuahi oosit hingga 7 jam, kenapa? karena sperma harus dan akan mengalami kapasitasi , yaitu serangkaian perubahan fungsional yang menyebabkan ekor sperma bergerak lebih bertenaga dan menyiapkan membran plasma sel sperma tsb untuk berdifusi dengan membran plasma oosit sekunder.
*proses kapasitasi bisa dilihat di judul yg lain,, sabar ya.hehe
nah, jika proses kapasitasi sel sperma udah selesai, ya kira2 7 jam dari pertama kali sel2 sperma sampai di ampulla tuba uterine, akan terjadilah yang namanya fertilisasi atau konsepsi.
selama proses fertilisasi tsb, sel sperma yang pertama kali menembus oosit sekunder, yang berhasil mengalahkan pesaing2nya yang berjumlah 200 itu harus menembus (penetrasi) dua lapisan pada oosit sekunder, yaitu:
  1. Corona radiata, merupakan sel2 granulosa yang mengelilingi oosit sekunder, hal ini dilakukan oleh enzim2 yang terdapat didalam akrosom sel sperma. kalo untuk menembus corona radiata ini dgn enzim hialuronidase,. dan
  2. Zona Pellucida, merupakan lapisan glikoprotein bening antara corona radiata dan membran plasma oosit. setelah sel sperma berhasil melakukan penetrasi ke corona radiata, maka kepala sel sperma akan bersinggungan dgn zona pellucida oosit, di zona pellucida ini terdapat 3 protein zona pellucida, namun yang paling padat dan paling penting diantara 3 itu adalah Protein Zona Pellucida 3 yang merupakan glikoprotein dan berperan sebagai reseptor terhadap sel sperma. jadi ceritanya, ZP3 itu akan berikatan pada membran yg spesifik pada kepala sel sperma, nah ketika telah berikatan, hal tsb akan memicu terjadinya reaksi akrosomal.
oya jumlah sel2 sperma yang terikat pada ZP3 itu banyak, tapi hanya sel sperma yang pertamaaaa sekali berpenetrasi ke zona pellucida dan mencapai membran plasma oosit yang akan berdifusi dengan oosit sekunder. nah, kalo udah gitu secara otomatis akan terjadi block terhadap polyspermy.
Dalam hitungan detik saja, membran cell oosit akan mengalami depolarisasi, yg berperan sbg block terhadap polyspermy (fast block to polyspermy). Depolarisasi juga akan memicu pelepasan ion kalsium intraseluler, yang menstimulasi eksositosis sekresi vesikel oosit, namanya neorinamidase, molekul tsb akan meninaktifkan ZP3 dan memperkeras zona pellucida (Slow block to polyspermy).
nah setelah satu sel kepala spermatoza berhasil menembus oosit sekuner tsb, maka oosit tersebut akan mengalami pembelahan meiosis II secara sempurna (tadinya kan sebelum dibuahi, pembelahan oosit tsb hanya sampai pada fase metafase meiosis II), dan akan dilepaskan badan polar II. terjadilah aktivasi sel telur (ovum), inti ovum akan menjadi pronukleus betina, spermatozoa akan melepas ekornya dan membentuk pronukleus jantan. kedua pronuklei akan melebur di tengah2 sitoplasma sel telur, terbentuklah zigot..
selesai deh konsepsi,, untuk proses selanjutnya ntar aja yaa, udah buka puasa nihh..
selamat berbukaaa ^_^
Jogja, 12 agustus, sore hari :) Salam hangat :D,

0 comments:

Post a Comment

Image Hosted by ImageShack.us